- Cari Furniture yang tidak dibutuhkan / berlebihan ==> Kursi, meja, lemari, rak, filing cabinet
- Cari Barang/peralatan yang tidak dibutuhkan / berlebihan ==> Tools/perkakas, kabel, mold, baut, pipa, palet, peti kayu
- Cari segala sesuatu yang di tertempel di dinding / penyekat / papan pengumuman: Poster, kalender, memo yang kadaluarsa
- Cari tempat yang menyimpan barang yang tidak diperlukan: Lemari, laci, filing cabinet, gudang, ruang kosong
- Cari barang lain yang tidak berhubungan langsung dengan pekerjaan : Piring, gelas, asbak, stick golf, raket, boneka, balsem, mie bungkus
- Apakah benar-benar diperlukan?
- Milik siapakah?
- Apakah masih dibukukan, identifikasi?
- Dimana seharusnya ditempatkan?
Langkah RED TAG:
- Buat Kriteria RED-TAGGING
- Tunjuk petugas ‘RED TAG’ dan penaggung jawab area
- Buat form RED TAG dan bakukan
- Meeting dengan operator
- Buat catatan distribusi RED TAG (log book)
- Singkirkan & Pisahkan barang yang di RED TAG ke area RED TAG
- Distribusikan RED TAG List & Minta action plans (maximum 60 hari)
- Barang apa saja yang boleh ada pada area tersebut. Ã Nama barang, Jumlah, Penanggung jawab, Frequensi audit scanning
- Tindakan bagi penyimpangan, apakah akan disingkirkan, dipisahkan atau dibuang/dimusnahkan
- Tempat kerja produktif lebih luas
- Hilangnya pemborosan waktu tunggu
- Hilangnya pemborosan pergerakan (MOTION)
- Hilangnya kesalahan pemakaian barang (DEFECT)
- Stock Counting (record accuracy) menjadi lebih baik, karena mudah untuk dilaksanakan, dampaknya INVENTORY menjadi terkontrol
- Lingkungan kerja yang aman bagi produk dan pekerja
0 komentar:
Posting Komentar